Pembukaan Catur “ITALIA” Untuk Pemula | Chess Opening theory | Grandmaster Class | IRENE SUKANDAR

Melalui media sosial saya, banyak yang menanyakan tentang pembukaan yang bagus untuk pemula. Disini saya beri satu contoh pembukaan yang saya sendiri mainkan sewaktu belajar catur. Pembukaan Italia atau biasa disebut juga dengan Giuoco Piano adalah salah satu pembukaan tertua di dunia catur. Semoga bermanfaat! ๐Ÿ™‚

279 Comments

  1. Tolong mbak bikin coten mengatasi serangan dari sayap๐Ÿ˜ƒ,,, soalnya pemain di kampung saya sering main kaya gitu๐Ÿ˜ƒ

  2. Lain kali coba ajarin maen catur dasar bagi org awam

  3. Jadi bisa belajar catur yang benar, gratis pula ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  4. Coba buat pembukaan catur "Indonesia" dong mbak Irene..

  5. 0:44 bu irine mau nanya,itu blokade, raja sama benteng bisa langsung tukar posisi gitu ya? padahal ga ada jalan mutar? sori amatir

  6. Gara2 heboh Dewa Kibul channel mbak Irene muncul di berandaku…๐Ÿ‘

  7. Sy pencinta catur dari SD,sdh berhenti selama 15 thn,kini sy semangat LG utk main catur,setelah melihat kerendahan hati bak Irene mau bertanding dgn pak Dadang,sukses slalu bak iren,

  8. Thank you mba irene, nextnya strategi babak tengah dong mba irene hehe

  9. Jadi inget waktu SD ,andalannya pembukaan Italia ,

  10. Mbak sistem London dan Caro Can donk mbak…….

  11. Thanks mbak Irene, selama ini saya main catur openingnya serampangan.๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  12. gelar MSc Master Shifu Catur ๐Ÿ˜๐Ÿ† mantap ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ terima kasih ilmunya ๐Ÿ˜

  13. Boleh request kelanjutan dari opening italia kak? Analisis berbagai variasi lanjutannya, kelemahannya dan antisipasi nya jika hitam memakai opening yg lain. ๐Ÿ˜Š

  14. Dicepetin lagi langkahnya kak ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  15. Moment iren ketawa d lapor pak itu manis bwuanngggettt๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  16. Kolo pembukaan catur indonesia gimana ?๐Ÿ˜…

  17. Waduh saya terlambat subscribe channel Irene Kusnandar coba kalau dr dulu saya sdh subscribe .. saya tdk akan kalah melulu bila main catur ..

  18. sukses selalu mbak irene. ditunggu opening berikut nya.

  19. Wah..performance tambah lumayan berkat nonton video-video educative mbak Irene.

  20. Irene cakep banget… Pinter pula.. Aku jatuh hati padamu.

  21. Ngga tau nama pembukaan apa ini,tp tiap main catur pasti ini pembukaannya sampai apal

  22. Kak tolong bahas opening Carokhan Defence ๐Ÿ™๐Ÿป

  23. Emang ada namanya variasi ๐Ÿ‘‰๐Ÿฝ masa lalu ??! ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

  24. Terimakasih Mbak Kharisma Sukandar. Horas salam anak Medan

  25. mba/kak tolong dong cara hancurkan karo-kan defends

  26. Ok thank you mba irene ulasannya smg mba irene mkin sukses amin .

  27. Kalo tidak terpaut jauh oleh umur sudah ku perjuangin ni si mbak

  28. Seneng sekali dengar suaranya Irene. Lembut enak didengar gurih. Mantap๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  29. Terima kasih menghiasi berandaku. Love you.

  30. Ruy lopez untuk pemula kak soalnya saya paling suka pembukaan ruy lopez

  31. Mbk irene cantik dan manis suara nya lembut bgtt

  32. gmn carax yah bisa main langsung dgn mbak irene? maaf

  33. Trimakasih juga kakak udah ngasi pelajaran yg sangat berharga.

  34. Mba, pernah coba mainkan pmbukaan favorite sya, klw main hitam? pembukaan awut2an hahaa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tp jgn di ejek, maklum msih blajar catur, hahaa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ bidak dr e 7 ke e 6, selanjutnya liat pergerakan putih dlu, tp yg jelas berikutnya mempersiapkan aktifkan bidak hitam di h7 n a7 ke h6 n a6, bgitu jg dg kuda di g8 ke f6 n di b8 ke c6

  35. Ini permainan dan penjelasan yang sangat keren sekali, terima kasih Kak Irene Sukandar.

  36. Penjelasan untuk pemula harusnya pelanยฒ mbak agak bingung juga aku maklum pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *